Velvet Room : The Basin of waterfall

67936_646864942033138_1779109526_n

Pairing : KyuMin || Genre : Horor, supernatural || Length : Oneshot || Warning : Semi shounen-ai || Disclaimer : Remake dari salah satu cerita dalam manga horor “Tomie” karya Junji Ito. Ada sedikit perubahan seperlunya|| Summary : Dia adalah seorang pemuda yang sangat manis dan memiliki pesona yang misterius yang mampu membuat siapa pun yang melihatnya langsung jatuh cinta padanya. Tapi tidak, kita tidak akan berbicara tentang orang-orang yang jatuh cinta pada Sungmin, yang lalu menjadi terobsesi dan akhirnya saling membunuh. Tidak juga tentang orang-orang yang merasa iri pada Sungmin, yang lalu mencoba membunuhnya namun pada akhirnya mereka menjadi gila, karena berapa kali pun mereka membunuhnya…pemuda itu akan selalu kembali hidup.

No bash. No copas/plagiarism. Don’t like, don’t read. Don’t be silent reader.

~Presented by@Min kecil~

Selamat datang di Velvet room. Kami memiliki banyak cerita yang menarik untukmu. Silahkan duduk dengan tenang dan nikmati tehmu. Nah, cerita seperti apa yang ingin kau dengar hari ini?

.
.
.
.

Pemuda itu bernama Sungmin, atau begitulah dia menyebut dirinya. Siapa atau bagaimana pemuda itu muncul tidak ada yang tahu. Kehidupannya penuh misteri. Dia adalah seorang pemuda yang sangat manis dan memiliki pesona yang misterius yang mampu membuat siapa pun yang melihatnya langsung jatuh cinta padanya. Tapi tidak, kita tidak akan berbicara tentang orang-orang yang jatuh cinta pada Sungmin, yang lalu menjadi terobsesi dan akhirnya saling membunuh. Tidak juga tentang orang-orang yang merasa iri pada Sungmin, yang lalu mencoba membunuhnya namun pada akhirnya mereka menjadi gila, karena berapa kali pun mereka membunuhnya…pemuda itu akan selalu kembali hidup.

Bagaimana Sungmin bisa selalu kembali hidup? Entahlah, Aku bahkan tidak yakin jika dia adalah seorang manusia. Bahkan, aku juga tidak yakin jika Sungmin adalah nama yang sebenarnya. Tapi siapa yang peduli? Setidaknya, tidak bagiku. Aku tidak peduli. Seperti halnya tentang kehidupannya yang misterius, cerita-cerita tentang Sungmin selalu menarik untuk didengar. Apa kau mau mendengar salah satu ceritanya?

Nah, begini ceritanya…

~+~+~+~

Cerita ini dimulai di sebuah desa kecil di pegunungan XX. Itu adalah sebuah desa yang tenang yang diselimuti oleh keindahan alam yang mengagumkan. Suatu hari, seorang pria datang ke desa tersebut. Pria itu adalah seorang salesman yang menjual barang yang….aneh. Kepada setiap penduduk desa yang ditemuinya pria itu memulai aksinya dengan bertanya,

“Apakah anda memiliki anak? Apakah anda ingin memiliki anak?”

Lalu pria itu akan membuka tas kopernya dan mulai menawarkan barang dagangannya. Sebuah benda kecil yang ditutup oleh sehelai kain kecil yang kusam dan diikat oleh tali. Bukan sebuah barang yang menarik untuk dibeli. Namun pria itu selalu berusaha keras menjual barang dagangannya itu. Sambil menunjukkan benda kecil yang aneh itu ditangannya pria itu berkata,

“Sekarang ada cara yang mudah untuk mendapatkan anak. Anda cukup menanam ini di tanah, menyiraminya dengan air yang cukup dan lalu akan tumbuh seorang pemuda yang manis. Pemuda itu akan menjadi putra anda. Bagaimana? Bukankah itu hal yang bagus?”

Dan setiap orang yang mendengar penawaran gila itu akan selalu lari ketakutan. Tentu saja tidak ada yang mau membeli barang aneh dari pria itu. Namun ada juga beberapa orang yang membelinya karena penasaran. Tetapi mereka terkejut ketika melihat isi dari kain kecil itu ternyata hanyalah sepotong daging. Dan menit kemudian mereka membuang benda aneh itu ke tempat sampah sambil menggerutu, mengutuk si pria penjual itu.

Hari demi hari, kehadiran pria itu dan barang dagangannya yang aneh mulai membuat resah para penduduk desa. Akhirnya, para penduduk desa mendatanginya ketika pria itu sedang menawari barang dagangannya kepada seorang wanita tua yang nampak ketakutan. Dengan marah para penduduk desa mengejar pria itu hingga ke hutan. Mereka memojokkan pria itu hingga ke ujung tebing air terjun.

“Cepat pergi dari desa kami dan jangan pernah kembali lagi! Dasar gila!” teriak para penduduk desa yang marah.

Melihat tidak ada jalan lain, dan ketakutan karena amarah para penduduk desa akhirnya si pria penjual itu setuju untuk pergi dari desa tersebut. Namun sebelum dia pergi, dia membuang semua isi kopernya—barang-barang aneh dagangannya—ke air terjun. Barang-barang itu terjatuh ke sungai dan tenggelam.

Hari-hari berikutnya desa itu kembali tenang. Tetapi ketenangan itu tidak berlangsung lama. Sebuah wabah aneh menyerang desa itu. Entah kenapa, banyak orang mulai melakukan bunuh diri dengan meloncat dari tebing air terjun tempat pria penjual itu membuang isi kopornya dulu, lalu mayat mereka baru akan ditemukan beberapa hari kemudian dalam kondisi yang…sangat mengenaskan. Seolah sesuatu telah memakan hampir seluruh tubuh mereka. Penduduk desa mulai ketakutan dan berpikir jika ada ikan berbahaya atau monster di dalam sungai itu. Lalu cerita tentang air terjun itu mulai menyebar, bahkan hingga ke luar desa. Banyak orang berusaha menghindari air terjun itu, memasang tanda peringatan di dekat air terjun itu, dan melarang siapa pun untuk mendekati air terjun itu. Namun semua usaha itu nihil. Hampir setiap hari mereka selalu menemukan mayat di tepi sungai dalam kondisi yang sangat mengenaskan.

~+~+~+~

Hari itu, ada dua orang kakak-beradik yang datang ke desa kecil itu. Si kakak bernama Donghae, dan si adik bernama Kyuhyun. Mereka datang untuk menikmati liburan musim panas di rumah sang nenek. Namun di sebuah desa kecil seperti itu, tidak banyak yang bisa mereka lakukan. Kyuhyun hampir mati kebosanan di rumah sang nenek ketika tiba-tiba kakaknya memberi usul.

“Hey Kyuhyun, bagaimana jika kita pergi memancing di sungai?”

Kyuhyun berpikir sejenak. Yah, tidak ada salahnya pergi memancing daripada mati kebosanan di rumah seperti ini. Jika mereka tidak berhasil mendapat ikan, mereka masih bisa berenang di sungai untuk bersenang-senang. Maka ia menganggukkan kepalanya setuju. Setelah berganti pakaian dan mempersiapkan peralatan memancing mereka, mereka pun berangkat ke sungai dengan menggunakan mobil Donghae.

Hal pertama yang Kyuhyun lihat ketika Donghae akhirnya menghentikan mobilnya adalah sebuah air terjun yang sangat indah. Dan hal kedua yang ia lihat setelah turun dari mobil Donghae adalah sebuah papan peringatan yang tertancap di tanah. Lalu ia menyadari bahwa itu adalah air terjun yang sedang dibicarakan oleh orang-orang saat ini, tempat banyak orang melakukan hal bodoh yang bernama bunuh diri.

“Hyung bukankah kita tidak boleh berada di tempat ini? Mereka bilang ada monster di dalam sungai ini. Bagaimana jika cerita itu benar?” Kyuhyun berkata sambil menatap ke arah air terjun dengan tatapan ragu-ragu.

“Omong kosong. Hanya ada ikan-ikan segar di dalam sungai ini, menanti kita untuk dipancing.” kata Donghae, mendengus tidak percaya. “Ayo.”

Meski masih sedikit ragu Kyuhyun menutup mulutnya dan berjalan mengikuti kakaknya. Mereka duduk di sebuah batu besar di pinggir sungai, di dekat air terjun, dan mulai mengeluarkan alat pancing mereka. Selama hampir satu jam mereka menunggu namun umpan mereka masih belum menunjukkan tanda-tanda di makan oleh ikan. Hingga tiba-tiba Donghae merasakan alat pancingnya bergerak.

“Hey, umpanku di makan ikan. Kurasa aku dapat ikan besar.” Kata Donghae dengan senang seraya berusaha menarik tali pancingnya. “Kyu, bantu aku.”

Kyuhyun segera mengambil jaring dan bersiap untuk mengambil ikan yang berhasil ditangkap oleh kakaknya. Namun ketika Donghae berhasil menarik tali pancingnya bukan ikan yang ia tangkap, melainkan seorang pemuda yang sangat manis. Donghae dan Kyuhyun terpaku di tempat, terkejut melihat hasil tangkapan yang tidak biasa itu. Ditengah keterkejutan itu, tiba-tiba tali pancing Donghae putus dan pemuda manis itu perlahan kembali tenggelam ke dalam sungai.

“Apa tadi itu? Apa itu mayat?” kata Kyuhyun bingung.

“Kita harus menolongnya Kyu. Pemuda itu tenggelam.” Kata Donghae membuang alat pancingnya ke tanah, lalu melepas sepatu dan membuka bajunya.

“Tapi hyung, mungkin sebaiknya kita panggil polisi saja. Biar polisi yang mengurus masalah ini.”

“Tapi pemuda itu tenggelam Kyu!”

“Tapi hyung… tunggu…”

Namun Donghae sudah meloncat ke dalam sungai sebelum Kyuhyun menyelesaikan perkataannya. Kyuhyun melihat kakaknya menyelam ke dalam air, dan ia hanya bisa mendesah. Ia berdiri di pinggir dan menatap ke arah sungai, menunggu sang kakak. Namun lama ia menunggu, sang kakak tidak jua muncul dari dalam air.

Ada sesuatu yang salah, pikir Kyuhyun cemas.

Dengan tergesa-gesa Kyuhyun melepaskan pakaian dan sepatunya, lalu ia meloncat ke dalam sungai. Ia menyelam ke dalam sungai untuk mencari kakaknya yang mungkin saja tenggelam. Sungai ini cukup dalam dan banyak bebatuan besar di dalamnya. Namun Kyuhyun tidak melihat seekor ikan pun berenang di dalam sungai itu. Aneh.

Saat Kyuhyun menyelam semakin dalam, ia melihat sesuatu dibalik sebuah batu besar. Sesuatu yang mengambang di dalam air. Sesuatu seperti….tubuh telanjang seorang pemuda? Itu adalah pemuda manis yang ia lihat tadi.

Apa dia sudah mati?, pikir Kyuhyun penasaran.

Kyuhyun berenang mendekati batu besar itu. Namun betapa terkejutnya ia ketika melihat ke balik batu besar itu. Tubuh bagian bawah pemuda manis itu berbentuk seperti akar pohon dan menempel di batu besar itu. Sungguh aneh.

Ketika Kyuhyun sedang terpaku melihat hal yang—menurutnya—sangat aneh di depannya itu, ia mendengar suara berisik, seperti suara puluhan ikan ganas yang sedang berebut makanan. Suara berisik itu berasal dari dekat batu besar lainnya. Kyuhyun menoleh, melihat ke arah suara berisik itu dan kembali terkejut saat melihat hal aneh lainnya. Ia melihat banyak sekali pemuda yang sangat mirip dengan pemuda manis yang ia lihat sebelumnya, dengan kondisi yang sama—telanjang, dengan tubuh bagian bawah menempel di batu besar seperti akar pohon—sedang memakan tubuh kakaknya.

“Donghae hyung!” Kyuhyun memekik di dalam hati. Namun ketika ia hendak berenang untuk menyelamatkan kakaknya, pemuda manis di dekatnya itu membuka matanya.

“Hey, sweetie ! Kemarilah, peluk dan cium aku.” Tiba-tiba pemuda manis itu berkata. Ia mengulurkan kedua tangannya pada Kyuhyun.

Kyuhyun terkejut dan mundur ketakutan. Ketika ia hendak berenang ke permukaan, tangan pemuda manis itu berhasil menangkap satu kakinya dan berkata dengan nada senang, “Namaku Sungmin. Ayo kita bermain, sweetie ~”

Kyuhyun menggelengkan kepalanya ketakutan. Ia menggoyang-goyangkan kakinya dengan keras, berusaha melepaskan cengkraman tangan pemuda manis itu. Ketika akhirnya ia berhasil melepaskan diri dan berenang ke permukaan dengan cepat, ia mendengar pemuda manis—yang menyebut dirinya Sungmin—itu berteriak memanggilnya dari dasar sungai,

“Tidak! Jangan pergi dulu sweetie !”

Ketika Kyuhyun berenang ke pinggir sungai ia melihat banyak penduduk desa dan para polisi berkumpul di pinggir sungai. Rupanya sang nenek yang khawatir pada kedua cucunya yang pergi memancing di dekat air terjun terkutuk itu meminta bantuan polisi dan penduduk desa untuk mencari dan menghentikan mereka. Namun usahanya terlambat.

Di dalam pelukan sang nenek, Kyuhyun menceritakan semua yang ia lihat di dalam sungai. Tentang pemuda manis yang tidak sengaja tertangkap kail pancing kakaknya, tentang kakaknya yang meloncat ke dalam sungai karena mengira pemuda manis itu sedang tenggelam, tentang pemuda manis yang tubuh bagian bawahnya menempel di batu besar seperti akar pohon, hingga tentang pemuda-pemuda aneh berwajah mirip yang memakan tubuh kakaknya di dasar sungai.

Namun ketika para polisi menyelam ke dasar sungai mereka tidak melihat apapun atau siapapun seperti yang diceritakan oleh Kyuhyun. Dan cerita Kyuhyun pun hanya dianggap bualan oleh orang-orang. Sekeras apapun Kyuhyun berusaha menyakinkan, tidak ada satu orang pun yang mempercayainya. Bahkan neneknya juga. Tetapi Kyuhyun sangat yakin dengan apa yang dilihatnya. Ia sangat yakin, memang ada sesuatu yang aneh di dalam sungai itu.

~+~+~+~

Beberapa hari kemudian tubuh Donghae ditemukan di pinggir sungai, dalam kondisi yang sama mengenaskan seperti jasad-jasad sebelumnya. Orang-orang masih berpikir bahwa itu adalah perbuatan ikan-ikan ganas yang berbahaya. Tetapi Kyuhyun tahu bahwa bukan itu penyebabnya, bukan ikan-ikan ganas yang telah memakan tubuh orang-orang itu melainkan sesuatu di dalam sungai itu. Sesuatu yang menyebut dirinya sebagai “Sungmin”. Namun Kyuhyun tahu percuma bicara, toh tidak akan ada yang mempercayai kata-katanya. Maka ia hanya menutup mulutnya dan berusaha menikmati sisa libur musim panasnya yang hampir habis.

Di penghujung malam musim panas hujan turun cukup deras, membuat air sungai hampir meluap. Dari dasar sungai sesuatu berenang ke permukaan. Lalu wajah seorang pemuda manis muncul dari dalam air. Seperti tunas tanaman yang akhirnya tumbuh berkembang, pemuda manis itu—yang kini tubuhnya telah sempurna seperti manusia pada umumnya—berenang ke pinggir dan berjalan keluar dari dalam sungai, diikuti oleh dirinya yang lain yang tampak sangat mirip dengan dirinya. Tidak hanya satu, tetapi banyak sekali.

Malam itu para penduduk desa dan juga Kyuhyun dikejutkan dengan puluhan pemuda manis berwajah mirip yang telanjang berjalan beriringan melewati rumah-rumah mereka menuju jalan keluar desa. Puluhan pemuda manis berwajah mirip itu nampak tidak peduli dengan ketelanjangan mereka, mereka terus berjalan dengan tenang menuju jalan keluar desa. Dari jendela rumah neneknya Kyuhyun terpaku melihat pemuda-pemuda manis berwajah mirip yang telanjang itu, merasa sangat yakin bahwa memang wajah manis itulah yang ia lihat di dalam sungai waktu itu. Tetapi kini kondisi mereka berbeda, tubuh bagian bawah mereka kini tidak lagi berupa akar pohon melainkan dua kaki manusia.

“Sungmin…” gumam Kyuhyun pelan, menyebut nama yang pernah ia dengar di dalam sungai ketika itu.

Tiba-tiba salah satu dari pemuda manis itu menoleh ke arah Kyuhyun. Dan Kyuhyun berani bersumpah bahwa pemuda manis itu tersenyum padanya, meski hanya seulas senyum kecil. Namun itu cukup membuat dirinya merasa aneh. Sebuah gejolak aneh tiba-tiba menjalari seluruh tubuhnya. Ia berlari keluar rumah, berdiri di tengah hujan dan menyaksikan pemuda-pemuda manis berwajah mirip yang telanjang itu—yang Kyuhyun yakini bernama Sungmin—menghilang di ujung jalan desa, dan tidak pernah kembali lagi. Entah kemana mereka pergi. Desa kecil itu akhirnya kembali mendapatkan ketenangannya. Dan ketika Kyuhyun kembali ke rumahnya di Seoul, ia menyadari bahwa ia telah terjerat pesona misterius dari Sungmin. Berharap mereka dapat bertemu lagi. Mungkin di suatu tempat. Mungkin di suatu waktu.

~+~+~+~

Cerita itu cukup gila bukan? Itu adalah cerita kesukaanku. Itu hanyalah salah satu cerita dari cerita-cerita yang menarik tentang Sungmin. Kami masih memiliki banyak cerita menarik lainnya. Dan oh, tentu saja cerita tentang Kyuhyun dan hubungan anehnya dengan Sungmin juga. Ya, ya…Aku tahu kalau kau kurang puas dengan cerita ini. Tetapi tehmu sudah habis, cangkirmu telah kosong. Itu artinya sudah saatnya kita berpisah. Aku akan menceritakan lebih banyak cerita lagi padamu besok, ketika kau berkunjung ke Velvet room lagi.

.
.
.
.

Terima kasih sudah berkunjung ke Velvet room, wahai tamu yang terhormat. Aku sangat menikmati kunjunganmu ini. Nah, sampai jumpa lagi…

~Fin~

30 thoughts on “Velvet Room : The Basin of waterfall

  1. iih ngeri ma kondisi donghae…
    jd itu krn dagingnya kebuang ke sungai makanya pada tumbuh ya? trs mreka makanin daging org buat tumbuh smpurna mpe mereka py kaki?
    kirain endingnya kyu bakal nyariin mpe ketemu sungmin trs hdup bersama selamanya :3

  2. kasian donghae juga meninggal dg mengenaskan…
    gimana cara kyu bertemu lagi dan hunungan anehnya dengan sungmin??
    lanjut chingu

  3. Woooaaah jd bungkusan yg ditawarin orang yg isinya daging itu beneran bisa tumbuh menjadi manusia. dan krn dianggap aneh orang yg nawarin itu diusir dan dia membuang isi dagangannya ke sungai dan orang2 yg dateng ke sungai terjerat pesona Ming dan akhirnya terjun yg pd akhirnya mereka mati mengenaskan. Donghae yg berniat menolong org yg dikira akan tenggelam itu juga menjadi korbannya, beruntung Kyu g ikutan jd korban. pas Ming tumbuh menjadi sosok sempurna Kyu pun terpana. iya aku pikir Kyu bakalan mencari Sungmin.

    Nurul-ah, lanjut dunk sampe Kyu nemuin Sungmin dan dia bahagia bareng ma Ming #maksa ^^

  4. wih serem ngebayangin sungmin” yg makan tubuh donge -_- tubuh bagian bawah berupa akar yg menempel pd batu besar :3

  5. waktu Cho Kyu manggil Ming, kan cuma satu wujud yang nengok,, apa itu berarti tiap wujud punya nama yang beda?? o.O

  6. “cangkirmu telah kosong” iye, ane lgi puasa dan udah imsak, hahahahaha.. dan ini ngegantung -_- pelissss hae menggenaskan dimakan pemuda semanis mingv dan dan dan.. ming ming (?) punvkeluar dari desa tanpa bbaju?? wadeeewww.. mau liat *plaaakkk

  7. Ngeri bgt sama itu para korban sama donghae,udah punya feel pasti yg makan itu sungmin tp ya masa sih gitu sungmin makanin manusia,eh taunya beneran udah berasa piranha aja tuh

  8. Seremmmm…membayangkan sungmin2 memakan hae… Kyu terjerat pesona juga dgn sungmin…ad klnjutannya kah d os ini? Ak pesan 10 cangkir biar bisa dgr crita yg laen..hihi..next min sae^^..thx ud d tag..

  9. wew..ceritanya unik.
    .seruu…asikk ad bnyk sungmin..satu aj bikin meleleh ..apalagi banyak.kkk..tp mereka smw sperti sluman..iii
    ini berchap kah kakak??

  10. brarti sungmin tercipta dri daging2 yg jtuh ke sungai itu yah.
    Ah, disini donghae kasihan. Niat mau menyelamatkan malah di makan ma ming.
    Berarti ini bkalan msih kn ada cerita lain ttg ming? Pengen berkunjung ke velvet room lagi

  11. jdi ada bnyak sungmin?? tp kyu hanya trpesona sma satu sungmin yg trsnyum itu??? aq kira pas kyu kmbli k seoul dy bkal ktemu “sungminnya” dg kndisi lbh baik.. mksd ku ngga lgi tlanjang..
    pndek sih,, tp mnarik~
    gmwo sdh dtag min eonni~^^

  12. eeehh? Sudah berakhir? Lho? Kok? Gantung bgt? Gmna dgn kyumin? Aishhhhhh.. Ada sequel-nya???
    Ya Allahhhhh.. Bayangin Ming telanjang bulet jalan hilir-mudik? Gak sanggup dah*mimisan*

  13. salam kenal aku reader br disini…Eh ini series bkn ??? ceritanya horor, itu kakinya sungmin waktu di air kayak gurita gitu ya…donghae ngenes amat kagak rela bayangin bentuk tubuhnya hae setelah dimakan…ini bakal ada lanjutannya kan atau sequelnya gitu pengen kyu jd bersama ming…

  14. Oh. Aku dpt sensasi bru pd crita ini. Meskpun critax agak ngeri tp ak lbih trtarik dgn perkenalan awal dan akhr crta ini. Mirip sbuah reality show misteri dunia

  15. oooh mereka itu daging daging yang kalau di tanam jadi bayi ya? tp kenapa mirip semua? dan, semuanya Sungmin?
    ah, keren selalu laaah pokoknya kecil eon~
    aku mau Velvet room lagi~ tapi pesennya susu bukan teh boleh ya? seteko, biar bisa denger cerita lainnya, hehehe

  16. Wow, ini bakal ada cerita lainnya kah? Atau sebelumnya juga ada cerita dengan genre yg sama? Aku suka.

    Ga semua org bisa nulis cerita horror, walau remake sekalipun. Kamu memang selalu hebat. Aapapun genrenya selalu kamu libas.😀

    Kasian sih liat Donghae, tp begitulah cerita.

    Makasih udah share.

  17. wah rada seram jg ya ad manusia yg bsa tumbuh tp ngomong2 itu manusia atau bukan ya trus ko bsa kya gtu gmna permulaannya?
    mreka tumbuh d dlm sungai n biar mreka jd manusia sempurna jd makan manusia. Nah apa Kyu bkln ketemu lgi dgn Sungmin?

  18. Serem dan aneh emang. Ih… tapi nanggung. Yg jual anak2an dari daging serem, aneh banget. Dari daging ditanam bisa tumbuh jd manusia. Lalu klo dibuang ke air jadinya begitu. Makanannya daging juga O.o

    Tpi kisah Kyu dan Min blm kelar nih
    Buat lagi ya.. kecil-ah.

  19. keren…sungmin itu sejenis apa, parasit kah?
    ngebayangin sungmin makan tubuh donge..ihiii
    dikira kyumin bakal ketemu nanti T.T

  20. loh loh apa-apaan ini? ceritanya benean fin? udah gitu aja? terus kelanjutan kisan kyumin gimana? gimana gimana gimanaaaa???
    aaa penasaran bgt sumpah. sungmin manusia jadi2an yg langka -_-‘
    ini seriusan kaga ada lanjutannya? duh tolong T^T butuh kelanjutannya.
    ini masih nanggung, gimana kehidupan para sungmin itu stelah jadi manusia? gimana kelanjutan sungmin ‘ori’ (?) dengan kyu. aaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s